Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Lizma Nur Saidah Satrio Hadi Wijoyo Satrio Agung Wicaksono

Abstrak

Penelitian dilakukan berdasarkan observasi selama kurun waktu satu bulan terhadap kondisi kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 3 Malang. Selama observasi, sudut pandang permasalahan dilihat dari tingkah laku peserta didik. Permasalahan yang muncl adalah dari motivasi dan kebiasaan peserta didik yang kurang baik. Peserta didik selalu menggunakan powerpoint sebagai sumber belajar satu-satunya. Di sisi lain, buku ajar seperti modul dan e-book sudah disediakan namun tidak dimanfaatkan oleh peserta didik. Jalan keluarnya adalah dengan melakukan modifikasi pada program powerpoint menjadi media interaktif. Interaktif berarti terdapat interaksi antara powerpoint dengan peserta didik. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumennya adalah kuesioner dan soal pretest-posttest. Instrumen dianalisis menggunakan uji korelasi pearson untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan. Hasil uji korelasi menyatakan media interaktif powerpoint berpengaruh positif terhadap motivasi belajar sebesar 44,22% sedangkan 55,78% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Pada kebiasaan belajar terdapat 77,44% pengaruh, seedangkan 22,56% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Pada hasil belajar peserta didik terdapat 81,18% pengaruh sedangkan 18,82% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga penulis menyarankan bagi pendidik untuk lebih memanfaatkan media powerpoint secara interaktif guna meningkatkan sikap motivasi dan kebiasaan belajar yang baik

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Saidah, L., Wijoyo, S., & Wicaksono, S. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8695-8705, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6228>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel