Pengembangan Sistem Pelayanan Pengaduan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Rayon Malang Kota

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wahyudin Satrio Hapsoro Agi Putra Kharisma Denny Sagita Rusdianto

Abstrak

Respon pelanggan terhadap suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Semakin baik dan cepat pelayanan yang diberikan kepada pelanggan maka semakin positif respon yang akan diterima perusahaan. Hal ini disebut dengan public good dan PLN Rayon Malang Kota sedang berusaha mengimplementasikan hal tersebut. Salah satunya dengan cara menerapkan Sistem Pelayanan Pengaduan Pelanggan di kantor PLN Rayon Malang Kota. Sistem Pelayanan Pengaduan Pelanggan ini dibuat dengan tujuan untuk membantu mempersingkat kinerja pegawai PLN Rayon Malang Kota dalam menyelesaikan suatu pengaduan yang dilakukan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara terjun langsung melakukan survey ke PLN Rayon Malang Kota untuk mendapatkan informasi mengenai kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh sistem pelayanan pengaduan pelanggan. Serta mengacu pada metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan fase identifikasi, fase analisis, fase perancangan, fase implementasi dan fase uji coba. Pengujian dilakukan dengan survei menggunakan kuisioner untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas kinerja pegawai PLN Rayon Malang Kota saat sebelum dan sesudah implementasi sistem pelayanan pengaduan pelanggan. Sehingga disimpulkan bahwa sistem pelayanan pengaduan pelanggan ini memudahkan dan membantu pegawai dalam mengolah data pengaduan pelanggan dengan lebih cepat, efisien dan efektif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hapsoro, W., Kharisma, A., & Rusdianto, D. Pengembangan Sistem Pelayanan Pengaduan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Rayon Malang Kota. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8706-8714, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6232>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel