Pengembangan Sistem Itinerary Pendakian Gunung di Jawa Timur Pada Perangkat Bergerak (Studi Kasus: Gunung Arjuno dan Welirang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ary Budi Laksono Agi Putra Kharisma Wibisono Sukmo Wardhono

Abstrak

Kegiatan mendaki gunung di Indonesia sudah ada sejak lama, kegiatan ini termasuk aktivitas luar ruang yang penuh dengan resiko, bahkan beberapa gunung mempunyai tingkat kesulitan dan dibutuhkan peralatan khusus untuk mendakinya, namun tidak jarang kasus-kasus kecelakaan yang terjadi, disebabkan oleh kelengahan dan ketidaksadaran penggiatnya akan resiko yang dihadapi, sehingga tidak melakukan persiapan dengan maksimal, dengan aplikasi ini pendaki dapat mengatur manajemen waktu, akomodasi serta logistik untuk kelancaran dan keselamatan pendakian gunung. Aplikasi ini dikembangkan pada perangkat bergerak Android dengan metode TOPSIS (Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution) untuk menentukan rute pendakian berdasarkan kriteria kesulitan medan, waktu pendakian dan jumlah pengunjung. Pada aplikasi ini tersedia informasi estimasi biaya, informasi logistik dan penunjuk arah ke lokasi basecamp pendakian menggunakan latitude dan longitude dari Google API. Hasil pengujian blackbox pada aplikasi ini menunjukkan fitur fungsional 100% valid, selain pengujian blackbox dilakukan juga pengujian usability untuk mengetahui kegunaan dari aplikasi melalui kuesioner pada pengguna yang menunjukkan hasil 83,9011% dan hasil pengujian validasi algoritma yang menunjukkan perancangan algoritma telah diimplementasikan dengan baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Laksono, A., Kharisma, A., & Wardhono, W. Pengembangan Sistem Itinerary Pendakian Gunung di Jawa Timur Pada Perangkat Bergerak (Studi Kasus: Gunung Arjuno dan Welirang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8715-8722, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6235>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel