Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Nur Aini Satrio Agung Wicaksono Issa Arwani

Abstrak

Perpustakaan yang terdapat di SMK Negeri 11 Malang berdasarkan hasil observasi masih manual dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung perpustakaan yang meminjam buku dengan menulis dibuku catatan. Maka dari itu dilakukan penelitian berjudul “Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang)”. Metode Rapid Application Development (RAD) yaitu suatu metode/cara yang dilakukan peneliti membangun sistem informasi perpustakaan berbasis web tersebut. Pengertian Rapid Application Development (RAD) menurut (Pressman, 2001) yaitu suatu model terhadap siklus pengembangan ditekankan dengan singkat dalam pengembangan perangkat lunak tambahan, meskipun proses pembangunan singkat, tidak mengurangi kualitas produk tersebut. Hasil dari pembangunan sistem informasi perpustakaan dapat memudahkan admin dalam pengelolaan data-data perpustakaan setiap waktu dan memudahkan pengguna dalam melakukan peminjaman buku diperpustakaan dengan hasil pengujian black box sebanyak 100% valid. Dan hasil dari uji penerimaan pengguna atau User Acceptance Testing (UAT) yang dilakukan kepada 5 penguji yang terdiri dari ketua perpustakaan, petugas perpustakaan, 1 guru, 1 staff dan 1 siswa memiliki hasil 84% pengguna setuju bahwa Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah (SIPS) Malang telah memenuhi kebutuhan pengguna dalam peminjaman buku di perpustakaan SMKN 11 Malang.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Aini, N., Wicaksono, S., & Arwani, I. Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8647-8655, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6236>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel