Pengembangan Sistem Informasi Rawat Inap dengan Metode Rational Unified Process (Studi Kasus Rumah Sakit Khusus Hayunanto Medical Center Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Candra Dwi Kusuma Yusi Tyroni Mursityo Welly Purnomo

Abstrak

Rumah Sakit Khusus Hayunanto Medical Center adalah rumah sakit khusus yang berfokus pada pelayanan kesehatan rehabilitasi mental dan rehabilitasi ketergantungan narkoba di Malang. Salah satu layanan kesehatan yang yang membutuhkan alur informasi yang cepat pada rumah sakit ini khususnya di bagian rawat inap. Namun Pengimplementasian pengumpulan data tetap terus terjadi dalam dokumen atau formulir yang kemudian disimpan hanya dengan lembar kertas di dalam map membuat penyortiran data terlalu lama, sehingga efek pada proses penemuan data membutuhkan waktu yang begitu lama, karena data pasien yang tidak tersimpan dalam memori penyimpanan. Dalam penerapan sistem yang manual akan sulit melakukan kontrol karena pemrosesan yang dilakukan oleh manusia, maka untuk mengurangi terjadinya kesalahan akan semakin besar, seperti terjadinya pengulangan pencatatan atau redudansi data. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode Rational Unified Process (RUP) yang meliputi tahap inception, elaboration, construction, dan transition. Sistem informasi rawat inap telah dibuat dengan hasil tes validation untuk menguji system fungsional menghasilkan valid 100% dan tes kompabilitas untuk menguji persyaratan non-fungsional yang diperoleh 2 masalah kritis dalam 2 aplikasi. User Acceptance Testing yang dilakukan dengan 5 koresponden dari setiap user menunjukkan sistem informasi layanan rawat inap tetap dapat diterima dengan baik oleh user.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kusuma, C., Mursityo, Y., & Purnomo, W. Pengembangan Sistem Informasi Rawat Inap dengan Metode Rational Unified Process (Studi Kasus Rumah Sakit Khusus Hayunanto Medical Center Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8664-8671, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6242>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel