Analisis Pengaruh Penerapan Ujian Online bagi Siswa menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Pada SMK Nasional Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fakhrizal Arif Pratidina Retno Indah Rokhmawati Faizatul Amalia

Abstrak

Dalam perkembangan teknologi saat ini ujian tulis telah memanfaatkan CBT (Computer Based Test) dalam pelaksanaannya. SMK Nasional Malang merupakan salah satu sekolah yang telah memanfaatkan CBT (Computer Based Test) baik itu saat Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester maupun Ujian Nasional. Dalam penelitian ini digunakan Technology Acceptance Model untuk mengetahui penerimaan sebuah teknologi informasi. Penggunaan model ini bertujuan untuk mengukur bagaimana siswa SMK Nasional Malang menerima CBT sebagai metode pelaksanaan ujian yang pada pelaksananya terkadang masih terdapat beberapa masalah. Untuk dapat mengukurnya digunakan 7 variabel yaitu Subjective Norm, Self-efficacy, Perceive Ease Of Use, Perceived Usefulness, Technology Innovativeness, Behavioral Intention, Actual Behavior. Data dikumpulkan dari siswa SMK Nasional Malang kelas X dan XI jurusan IT dan didapat 52 responden melalui angket yang diberikan setelah Ujian Akhir Semester dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh individu lain, kepercayaan diri dapat memengaruhi sikap siswa terhadap kemudahan penggunaan dan kemanfaatan sistem. Tidak terdapat pengaruh antara variabel Perceive Ease Of Use terhadap variabel Perceived Usefulness. Technology innovativeness memperkuat pengaruh positif antara variabel Perceive Ease Of Use terhadap variabel Behavioral intention.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Pratidina, F., Rokhmawati, R., & Amalia, F. Analisis Pengaruh Penerapan Ujian Online bagi Siswa menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Pada SMK Nasional Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8672-8679, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6244>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel