Evaluasi Kualitas Website Jawa Pos menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi pada PT. Jawa Pos)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yunior Rikky Fitanto Satrio Hadi Wijoyo Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

PT. Jawa Pos merupakan perusahaan yang bergerak dibidang multimedia percetakan surat kabar harian bernama Jawa Pos yang berawal di Surabaya, Jawa Timur. Selain bergerak dibidang multimedia percetakan, Jawa Pos juga bergerak dibidang aplikasi dan juga website sebagai media bagi penggunanya untuk membaca berita. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kualitas dari website Jawa Pos yang menekankan pada tiga variabel, yaitu aspek kualitas Usability, aspek Information Quality, serta aspek Service Interaction Quality pada website Jawa Pos berdasarkan metode Webqual 4.0. Proses mendapatkan data diperoleh melalui penjajakan kuesioner yang selanjutnya dilakukan tahap analisis menggunakan analisis deskriptif dan juga metode Importance Performance Analysis (IPA) yang mengukur kinerja dari website Jawa Pos berdasarkan tingkat kepentingan berdasarkan variabel yang ada. Skala penilaian pada penelitian ini menggunakan metode Skala Likert yang menerapkan 5 skala pilihan dengan pernyataan mulai dari sangat tidak setuju yang bernilai 1 hingga sangat setuju yang bernilai 5. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengukur berapa jumlah responden yang berpartisipasi pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik Slovin dengan pendugaan akurasi adalah 90%, teknik ini menghasilkan total responden yang dibutuhkan untuk diambil datanya adalah sebesar 100 responden. Untuk membatasi ruang lingkup yang ada, maka karakteristik populasi yang digunakan adalah masyarakat yang berpengalaman dalam menggunakan website Jawa Pos untuk membaca berita secara online dengan teknik pengambilan sampling menggunakan pendekatan Convenience Sampling. Penelitian ini menghasilkan suatu rekomendasi perbaikan berdasarkan faktor kepentingan dan kinerjanya.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fitanto, Y., Wijoyo, S., & Herlambang, A. Evaluasi Kualitas Website Jawa Pos menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi pada PT. Jawa Pos). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8754-8763, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6249>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel