Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yuliana Anggreini Budiman Satrio Hadi Wijoyo Issa Arwani

Abstrak

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya berfokus kepada masalah nyata yang diberikan oleh guru kepada peserta didik guna mendorong peserta didik untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan seta pengalaman yang peserta didik miliki yang berkaitan dengan masalah yang diberikan guru untuk mencari jawaban dari permasalahan tersebut dengan cara diskusi kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari apakan model pembelajaran PBL dapat mempengaruhi nilai hasil belajar peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada nilai hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh yang signifikan dari pengimplementasian model pembelajaran PBL terhadap nilai hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan dan analisis data dimana nilai signifikansi dari nilai hasil belajar ranah kognitif bernilai 0,993, nilai ini lebih besar dari 0,05. Sebagaimana kriteria pengambilan keputusan, maka dinyatakan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan dari pengimplementasian model pembelajaran PBL terhadap nilai hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Untuk nilai hasil belajar ranah psikomotorik hasil dari penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan dari pengimplementasian model pembelajaran PBL terhadap nilai hasil belajar peserta didik pada ranah psikomotorik. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan dan analisis data dimana nilai signifikansi dari nilai hasil belajar peserta didik ranah kognitif bernilai 0,001, nilai ini lebih besar dari 0,05. Sebagaimana kriteria pengambilan keputusan, maka dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari pengimplementasian model pembelajaran PBL terhadap nilai hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Budiman, Y., Wijoyo, S., & Arwani, I. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8764-8772, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6251>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel