Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process dengan Weighted Product untuk Rekomendasi Penentuan Pegawai Terbaik berdasarkan Kinerja (Studi Kasus Divisi CCRD Bank BTN Kantor Pusat Jakarta)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Irvan Windy Prastyo Nurul Hidayat Tibyani Tibyani

Abstrak

Kinerja pegawai merupakan faktor yang mempengaruhi hasil yang ingin dicapai dari suatu perusahaan. Upaya yang dilakuan untuk mencapai target dari divisi Consumer Collection & Remedial Division (CCRD) Bank Tabungan Negara (BTN) terhadap kinerja pegawai adalah melakukan penilaian terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma metode Analytic Hierarchy Process dengan Weighted Product, serta menguji akurasi rekomendasi penentuan pegawai terbaik divisi CCRD bank BTN. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP-WP. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam penelitian ini akan digunakan untuk pembobotan kriteria dan dilanjutkan dengan metode Weighted Product (WP) untuk menghitung nilai alternatif setiap masing-masing kriteria dan memberikan urutan rekomendasi pegawai. Sistem ini menggunakan 60 data yang menjadi dasar perhitungan dengan 10 data uji pada masing-masing jabatan dengan sebanyak 6 jabatan yaitu ST, STC, AFC, TLFC, CS, dan BC. Penerapan metode AHP-WP ini untuk menentukan rekomendasi pegawai terbaik bank BTN dengan menggunakan kriteria penilaian seperti: pergeseran, pembendungan, restrukturisasi, input ICOLL, penilaian 1, penilaian 2 dan penilaian 3, dan masing-masing jabatan memiliki kriteria yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan sistem rekomendasi pegawai menggunakan metode Analytic Hierarchy Process dengan Weighted Product dengan bahasa pemrograman java sistem berjalan baik, dengan hasil sesuai dengan perhitungan manualisasi dan diperoleh keeratan korelasi tertinggi yaitu 1 yang artinya korelasi sempurna dan terendah 0,5 yang artinya korelasi yang cukup erat dengan masing-masing 5 data ranking teratas dan 5 ranking terakhir dalam pengujian.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Prastyo, I., Hidayat, N., & Tibyani, T. Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process dengan Weighted Product untuk Rekomendasi Penentuan Pegawai Terbaik berdasarkan Kinerja (Studi Kasus Divisi CCRD Bank BTN Kantor Pusat Jakarta). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8773-8778, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6255>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel