Pengembangan Aplikasi Diagnosis Gejala Depresi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Enggarsita Auliasin Denny Sagita Rusdianto Arief Andy Soebroto

Abstrak

Aplikasi diagnosis gejala depresi pada mahasiswa adalah aplikasi yang diperuntukan untuk membantu pembimbing konseling dalam memberikan pelayanannya kepada mahasiswa untuk melakukan konsultasi. Dalam pendiagnosisan suatu depresi yang baik, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendiagnosis suatu depresi dan dapat menyimpan data-data mahasiswa yang sudah pernah datang untuk berkonsultasi serta membangun suatu pendekatan konsultasi yang terstruktur. Namun, pembimbing konseling memiliki masalah dalam pelayanannya. Setiap mahasiswa yang datang mereka tidak dapat mengetahui sejauh apa tingkatan depresi yang mahasiswa alami sehingga tidak terlalu jelas bagaimana cara solusi penanganannya, serta tidak adanya penyimpanan data rekapan mahasiswa yang sudah pernah datang untuk berkonsultasi. Permasalahan tersebut mengakibatkan kurang pahamnya mahasiswa akan pelayanan yang diterimanya, karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki dari pembimbing konseling. Jika permasalahan ini tidak diatasi, maka proses pelayanan bimbingan konseling tidak dapat berjalan dengan maksimal. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dilakukannya pengembangan aplikasi diagnosis gejala depresi berbasis web yang dapat membantu pembimbing konseling dalam menjalankan pelayanannya dalam mengetahui apa yang di dikeluhkan mahasiswa, mengetahui gejala tingkatan depresi, mempelajari kriteria gejala macam-macam jenis depresi, menyimpan hasil data mahasiswa yang pernah mendaftar. Penelitian menghasilkan rekayasa kebutuhan yaitu 37 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non-fungsional. Implementasi dilakukan menggunakan Bahasa pemrograman PHP, pola perancangan Model-View-Controller (MVC), dan database phpMyAdmin.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Auliasin, E., Rusdianto, D., & Soebroto, A. Pengembangan Aplikasi Diagnosis Gejala Depresi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8823-8830, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6271>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel