Pengembangan Aplikasi Web Otomatisasi Survei Kondisi Jalan Menggunakan Sensor Ponsel Pintar (Studi Kasus PT. Hirfi Studio)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yoga Saputra Hariyanto Kusumo Achmad Arwan Nurudin Santoso

Abstrak

Jalan merupakan infrastruktur yang memiliki peran penting untuk menunjang transportasi darat serta mendukung pemerataan pembangunan di suatu daerah, oleh karena itu kondisi jalan harus selalu dalam keadaan baik. Dalam melakukan pemantauan, diperlukan survei untuk mengetahui kelayakan kondisi jalan. Salah satu metode survei yang digunakan adalah International Roughness Index (IRI). PT. Hirfi studio merupakan perusahaan konsultan teknik di kota Malang yang menyediakan jasa survei infrastruktur transportasi. PT. Hirfi Studio melakukan survei menggunakan metode pengamatan visual secara langsung kemudian dicatat secara manual pada formulir survei untuk selanjutnya diolah dan dikonversikan menjadi skala IRI. Alat utama yang digunakan dalam melakukan survei adalah GPS, kamera, dan lembar kerja. Kelemahan dalam proses tersebut adalah data hasil survei berbentuk kertas rentan hilang dan rusak, serta proses pengolahan data mulai dari digitalisasi data hingga pembuatan peta memerlukan waktu yang panjang. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan aplikasi web otomatisasi survei kondisi jalan menggunakan sensor ponsel pintar untuk membantu dalam pelaksanaan survei. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan model software development life cycle (SDLC) waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Implementasi aplikasi menerapkan pola model-view-controller (MVC) pada framework Codeigniter menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, dan Javascript serta menggunakan database management system (DBMS) MySQL. Pada tahap pengujian didapatkan nilai pengujian unit sebesar 100% dari 12 kasus uji, pengujian validasi 100% dari 46 kasus uji, dan pengujian compatibility menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan pada seluruh web browser desktop maupun ponsel pintar.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kusumo, Y., Arwan, A., & Santoso, N. Pengembangan Aplikasi Web Otomatisasi Survei Kondisi Jalan Menggunakan Sensor Ponsel Pintar (Studi Kasus PT. Hirfi Studio). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8857-8865, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6290>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel