Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS (Deliver, Service, Support) (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Kantor Pusat)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

A. Fahmi Baharuddin Suprapto Suprapto Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

Perseroan menetapkan Tata Kelola Teknologi Informasi yang efektif sesuai Permen BUMN 01/2011 Pasal 30 Ayat (1) dan merujuk kepada Permen BUMN 02/2013 Pasal 3 Ayat (1) dan Ayat (5) yang berfungsi sebagai pedoman pemanfaatan serta pengembangan teknologi informasi perseroan untuk mencapai tujuanĀ  perseroan. PT. PLN (Persero) memiliki kewajiban untuk menerapkan Good Corporate Governance, sebagaimana diamanatkan didalam Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 tentang penerapan Good Corporate Governance pada BUMN. Dalam mendukung kegiatan bisnis, PT. PLN memerlukan dukungan teknologi informasi yang dioperasikan menggunakan perangkat keras maupun perangkat lunak dan terhubung melalui jaringan komunikasi data perusahaan. Pada layanan teknologi informasi pada PT.PLN terdapat beberapa kendala seperti belum optimalnya pengelolaan insiden pada layanan operasional TI yang akan berdampak pada kegiatan bisnis perusahaan. Dari adanya temuan tersebut maka diperlukan adanya suatu evaluasi tata kelola teknologi informasi pada PT. PLN (Persero). Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 domain DSS (Deliver, Service, Support), untuk mengetahui capability level dan gap pada tata kelola teknologi informasi PT. PLN (Persero) Kantor Pusat. Hasil penelitian proses subdomain DSS01, DSS02, DSS03, DSS04, DSS05, DSS06 menunjukkan bahwa capability level yang diperoleh berada pada level 2, dengan nilai gap DSS01, DSS02, DSS05, DSS06 yaitu 1 dan tidak terdapat gap pada DSS03, DSS04. Agar perusahaan dapat mencapai target level yang diharapkan, maka diberikan rekomendasi berupa meningkatkan pengawasan dan dokumentasi work product dan generic work product yang berkaitan dengan penanganan dan manajemen insiden.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Baharuddin, A., Suprapto, S., & Perdanakusuma, A. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS (Deliver, Service, Support) (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Kantor Pusat). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8866-8873, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6291>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel