Evaluasi Teknologi Informasi menggunakan COBIT 5 Fokus Proses DSS02, DSS03, dan DSS04 (Studi Kasus: PT. Garam (Persero))

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Melisa Widya Astuti Suprapto Suprapto Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

PT. Garam (Persero) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak sebagai produksi agen pembangunan dari garam dan tetap konsisten menjaga terjaminnya ketersediaan Garam Nasional di Indonesia, serta senantiasa berupaya untuk mewujudkan pangan di bidang garam. Maka, untuk membantu kegiatan proses bisnis yang dilakukan oleh PT. Garam (Persero) menerapakan layanan Sistem ERP. Dalam penerapan layanan Sistem ERP terjadi kendala seperti terjadinya insiden dan masalah yang mempengaruhi data – data PT. Garam (Persero). Dengan kendala yang terjadi maka perlu dilakukan evaluasi teknologi informasi menggunakan framework COBIT 5 untuk penelitian ini dan fokus subdomain DSS (Delivery, Service and Support) yang dipilih adalah DSS02: Manage Service Requests and Incidents, DSS03: Manage Problems dan DSS04: Manage Continuity. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui capability level dan GAP yang terjadi saat ini. Hasil penelitian menunjukan capability level yang diperoleh dari proses subdomain DSS02, DSS03, dan DSS04 adalah 1 dan pada sertiap proses subdomain memiliki nilai GAP adalah 1. Agar perusahaan dapat mencapai level target yang diinginkan, diberikan rekomendasi melakukan pelengkapan pendokumentasian dokumen output work product, membuat prosedur yang lebih rinci dan detail mengenai penanganan permintaan dan insiden masalah.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Astuti, M., Suprapto, S., & Perdanakusuma, A. Evaluasi Teknologi Informasi menggunakan COBIT 5 Fokus Proses DSS02, DSS03, dan DSS04 (Studi Kasus: PT. Garam (Persero)). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8874-8881, okt. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6294>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel