Evaluasi User experience Pada Aplikasi Mobile Asphalt 9: Legends Menggunakan Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ahmad Fahrurrozi Satrio Hadi Wijoyo Lutfi Fanani

Abstrak

Asphalt 9: Legends adalah game balap yang menampilkan deretan mobil-mobil super canggih untuk dimainkan dengan grafis lebih jernih. Aplikasi game Asphalt 9: Legends memiliki jumlah pengguna mencapai 10 juta, namun pada game ini ditemukan permasalahan yang diperoleh dari responden seperti fungsi  pada game yaitu adanya restart dan setting fitur  yang sulit ditemukan pengguna. Berdasarkan observasi oleh penulis, terdapat beberapa permasalah game Asphalt 9: Legends seperti Hidden dimana kejelasan simbol menunjukkan fungsi fitur, serta Feedback dimana sistem tak nyediakan mode fungsi touchdrive untuk main tak adanya timbal balik antara sistem dan pengguna. Penelitian ini tujuan ngevaluasi users interface game pada objek Asphalt 9: Legends dengan gunakan metode cognitive walkthrough dan heuristic evaluation. Penelitian dengan metode Cognitive Walkthrough melibatkan 4 responden pengguna baru game untuk Asphalt 9: Legends, sedangkan metode pada heuristic evaluation melibatkan 9 evaluator expert. Hasil penelitian dengan metode pada cognitive walkthrough bahwa game pada Asphalt 9: Legends cukup punya masalah terbanyak antara users dan hidden. Evaluasi gunakan metode pada Heuristic menunjukkan bahwa game Asphalt 9: Legends  terdapat 26 permasalahan usability, dimana adanya prinsip pada MA01 (visibility of system status) punya jumlah masalah paling banyak dengan sebesarnya persentase 30.7%, sedangkan untuk rata jumlah nilai severity rating teratas ada diprinsip MA03 (users control and freedom) sebesar 2.63.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fahrurrozi, A., Wijoyo, S., & Fanani, L. Evaluasi User experience Pada Aplikasi Mobile Asphalt 9: Legends Menggunakan Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8972-8979, nov. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6319>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel