Pengembangan Aplikasi Taman Hiburan Berbasis Android

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Bagas Andaryanto Fajar Pradana Achmad Arwan

Abstrak

Penelitian ini dikerjakan berdasarkan sebuah permasalahan yang sangat sering dijumpai dalam kehidupan yaitu bertransaksi secara manual. Wisatawan seringkali merasa kesusahan dalam melakukan transaksi secara manual untuk berbagai pembayaran pada saat liburan. Selain itu mengatur pengeluaran tanpa adanya pendataan apapun. Permasalahan lainnya yaitu, wisatawan yang tidak mengerti tempat wisata apa yang harus dikunjungi. Membuat sebuah sistem dengan adanya cashless payment merupakan salah satu solusi dari permasalahan ini. Dengan begitu pembayaran akan terasa cepat dan tercatat pada aplikasi. Hal ini dapat sedikit membantu konsumen untuk mengatur pengluaran saat liburan. Dengan adanya sistem ini penjual juga tidak akan kerepotan untuk mencari uang kembali untuk konsumen. Pada penelitian ini mengambil 3 studi kasus yang memiliki proses bisnis yang sama. Hal ini akan memberikan pilihan kepada wisatawan untuk berkunjung kemana. Tidak hanya itu, dalam penelitian ini pula wisatawan dapat mengetahui lokasi dari tiap wahana yang ada di taman hiburan sehingga wisawatan akan dengan mudah menuju ke lokasi tanpa tersesat. Sistem ini dibangun dengan sistem operasi android dalam sebuah perangkat bergerak. Pengujian unit dan integrasi dengan whitebox testing dan pengujian validasi yang menghasilkan nilai uji valid 100% dengan blackbox testing merupakan pengujian yang dilakukan pada sistem.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Andaryanto, B., Pradana, F., & Arwan, A. Pengembangan Aplikasi Taman Hiburan Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9001-9008, nov. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6329>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel