Pengembangan Sistem Aplikasi Pencarian Dosen Pembimbing Skripsi dengan Teknologi Web Semantik (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Eka Devi Prasetiya Bayu Priyambadha Fitra Abdurrachman Bachtiar

Abstrak

Pelaksanaan skripsi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengalami beberapa kendala yang dialami oleh mahasiswa. Salah satu kendala tersebut yaitu mahasiswa sulit untuk memilih calon dosen pembimbing skripsi yang sesuai dengan topik skripsi yang akan diteliti. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu mengetahui skripsi yang pernah dibimbing oleh dosen. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JPTIIK) merupakan website yang menyediakan informasi skripsi dari mahasiswa FILKOM UB. Mahasiswa dapat mencari skripsi yang dibimbing oleh dosen dengan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci nama dosen pada JPTIIK. Namun hasil pencarian pada JPTIIK sering kali tidak relevan, karena data yang dicari tidak saling terhubung. Pada penelitian ini dikembangkan sistem aplikasi pencarian dosen pembimbing skripsi yang menggunakan teknologi web semantik untuk menghubungkan dan memetakan data. Data dipetakan kedalam ontologi sehingga memudahkan pencarian. Sistem pencarian ditunjang dengan cosine similarity sehingga hasil pencarian dapat diperingkatkan berdasarkan tingkat kemiripan skripsi. Metode pengembangan yang digunakan pada sistem ini adalah metode waterfall. Sistem diuji dengan menggunakan pengujian unit, validasi dan compatibility. Hasil pengujian validasi yang dilakukan pada seluruh kasus uji memberikan nilai 100 % valid.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Prasetiya, E., Priyambadha, B., & Bachtiar, F. Pengembangan Sistem Aplikasi Pencarian Dosen Pembimbing Skripsi dengan Teknologi Web Semantik (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9019-9026, nov. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6333>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel