Pengembangan Sistem Informasi Portal Banyuwangi Festival Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wahyu Putra Adi Permana Nurudin Santoso Bayu Priyambadha

Abstrak

Kabupaten Banyuwangi setiap tahunnya menyelenggarakan rangkaian acara bertajuk Banyuwangi Festival yang pertama kali dilaksanakan tahun 2012 dengan jumlah 10 acara hingga saat ini mencapai 99 acara. Namun terdapat masalah yang harus dihadapi oleh pihak penyelenggara, contohnya tahun 2016 terdapat insiden pemalsuan tiket oleh oknum tidak bertanggung jawab di acara Banyuwangi Beach Jazz Festival. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya sistem terpusat dalam proses reservasi tiket pada setiap acara. Saat ini web sistem informasi dan portal dapat membantu mengintegrasikan aplikasi spesifik seperti intelijen bisnis, e-commerce atau aplikasi lainnya. Kemudahan tersebut kemudian diintegrasikan dengan Banyuwangi Festival sehingga dikembangkanlah website BFEST, yang dapat membantu penyelenggara dalam manajemen festival dan reservasi tiket dengan lebih aman dan terpusat. Sistem dikembangkan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan analisis kebutuhan dilakukan dua kali iterasi yang menghasilkan 34 kebutuhan fungsional dan satu non-fungsional, selanjutnya implementasi dalam bahasa pemrograman PHP pada framework CodeIgniter. Tahap uji terhadap sistem dilakukan dengan metode white box testing untuk menguji integrasi dan unit, untuk validasi sistem dilakukan uji menggunakan metode black box testing yang menghasilkan 45 kasus uji dengan hasil 100% valid, serta pengujian compatibility untuk non-fungsional dengan media kakas bantu SortSite dan terbukti sistem berjalan pada beberapa website browser ataupun mobile browser.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Permana, W., Santoso, N., & Priyambadha, B. Pengembangan Sistem Informasi Portal Banyuwangi Festival Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9085-9094, nov. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6345>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel