Pengembangan Sistem Informasi Penilaian dan Evaluasi Kinerja Karyawan Dengan Metode Weighted Product Berbasis Web (Studi Kasus: UB Guest House)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Brendy Oscar Munthe Faizatul Amalia Imam Cholissodin

Abstrak

Penilaian dan evaluasi kinerja karyawan di UB Guest House digunakan untuk mengetahui tingkat produktivitas kinerja karyawan. Proses penilaian masih dilakukan secara manual dimulai dari persiapan form, menilai karyawan, perhitungan hasil oleh masing-masing penilai yang dapat memberi peluang terhadap kesalahan perhitungan, rekapitulasi dalam membuat laporan hingga menentukan karyawan terbaik hanya dilakukan selama 3 hari. Rentang waktu yang tidak sebanding dengan pekerjaan dan kemungkinan tanggal merah mengakibatkan tidak adanya pengecekan kembali agar tidak melewati batas waktu yang ditetapkan. Laporan penilaian tersebut digunakan untuk mengetahui perkembangan kinerja setiap bulannya untuk dilakukan evaluasi bersama form penilaian prestasi karyawan hingga pembuatan usulan karyawan. Hal ini tidak efisien karena menyulitkan dalam memilih karyawan dievaluasi dan membuang kertas yang berpengaruh terhadap biaya pengeluaran UB Guest House. Sistem informasi penilaian dan evaluasi kinerja karyawan berbasis web dibangun untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Pengembangan sistem menerapkan metode weigthed product untuk memberikan rekomendasi dalam menentukan karyawan terbaik dan dilakukan menggunakan model pengembangan waterfall. Pengujian unit menunjukkan bahwa cyclomatic complexity ≤ 10 dengan semua status kasus uji adalah valid. Pengujian integrasi didapatkan untuk semua status kasus uji adalah valid. Pengujian validasi didapatkan status valid untuk semua kasus uji. Pengujian akurasi dengan menggunakan metode weighted product didapatkan akurasi dengan rata-rata sebesar 92%. Pengujian compatibility didapatkan sistem yang dapat berjalan pada berbagai browser.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Munthe, B., Amalia, F., & Cholissodin, I. Pengembangan Sistem Informasi Penilaian dan Evaluasi Kinerja Karyawan Dengan Metode Weighted Product Berbasis Web (Studi Kasus: UB Guest House). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9095-9104, nov. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6348>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel