Penggunaan Flag untuk Mengurangi Permasalahan Input yang Tidak Disengaja pada Controller yang Menggunakan Kinect

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Viqi Hanada Wibisono Sukmo Wardhono Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Penggunaan Kinect sebagai alat untuk melakukan input kedalam komputer dengan membaca postur dan pergerakan tubuh dari pengguna meningkat dalam beberapa tahun ini. Penggunaan input dari Kinect ini banyak juga digunakan sebagai input controller untuk Role Playing Game. Penggunaan Kinect Gesture Recognition sebagai sebuah tambahan controller pada sebuah game yang berjudul Steel Battalion: Heavy Armor telah mendapat berbagai macam response negative yang dapat terlihat seperti input yang tidak disengaja ketika pengguna sedang tidak ingin melakukan apapun. Dibutuhan untuk membatasi input yang dilakukan oleh pengguna, untuk membatasi input yang tidak dimaksudkan pada saat pengguna sedang dalam posisi relaks atau diam, dan pada saat pengguna baru saja selesai melakukan sebuah input. Diperlukan pembatasan pembacaan input yang dilakukan oleh Kinect dengan membuat variabel flag untuk memisahkan fase dari sistem controller menjadi tiga tahap yaitu fase standby, fase input dan fase reset. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa pemisahan fase tersebut dapat menghilangkan input yang tidak dimaksudkan pada saat pengguna sedang berada dalam posisi relaks atau diam, dan pada saat pengguna baru saja selesai melakukan sebuah input.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hanada, V., Wardhono, W., & Akbar, M. Penggunaan Flag untuk Mengurangi Permasalahan Input yang Tidak Disengaja pada Controller yang Menggunakan Kinect. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9105-9113, nov. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6349>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel