Evaluasi User Experience Pada Game FORTNITE MOBILE Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Raka Irvaldo Rahadiasta Satrio Hadi Wijoyo Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

FORTNITE MOBILE adalah sebuah game multiplayer kompetitif yang menjadikan “Battle-Royale” sebagai genre utama, game ini berjenis Third-Person Shooter. Game ini baru saja dirilis oleh Epic Games pada 24 Juli 2018. Game ini termasuk kategori jenis game yang baru pada platform mobile sehingga berpotensi memiliki user baru. Pengalaman pengguna (user experience) sangat penting untuk kesuksesan sebuah game di pasaran, terutama pada jenis aplikasi yang baru saja dirilis.. Sistem yang dirancang dengan tidak baik dan tidak mudah digunakan akan membuat pengguna kesulitan mempelajari dan mengoperasikannya, sehingga akan menjadikan sistem tersebut jarang digunakan. Agar bisa mendapatkan user experience yang baik, maka perlu dilakukan sebuah evaluasi. Metode Enhanced Cognitive Walkthrough adalah metode evaluasi user experience dimana evaluator memberi tugas berbasis skenario dan beberapa pertanyaan kepada pengguna game untuk menemukan masalah yang mengganggu proses pembelajaran. Metode ini cocok digunakan pada sistem yang baru saja dirilis karena dapat menggali proses kognitif pengguna ketika pertama kali menggunakan sistem. Responden yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 3 responden yang belum pernah memainkan game FORTNITE MOBILE dan 3 orang yang berpengalaman dalam memainkan game FORTNITE MOBILE dan sering memainkan game dengan genre yang serupa. Hasil evaluasi pada game FORTNITE MOBILE  menunjukkan masalah banyak terjadi disebabkan tampilan kurang menjelaskan fungsinya (hidden) pada menu learn control. Akan tetapi, permasalahan yang muncul adalah permasalahan yang ringan dan tidak mempengaruhi fungsi utama dalam game.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rahadiasta, R., Wijoyo, S., & Az-Zahra, H. Evaluasi User Experience Pada Game FORTNITE MOBILE Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9114-9123, nov. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6351>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel