Analisis Kualitas Situs Web Pemerintah Daerah Pelayanan Perijinan Terpadu terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-Govqual (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Anggi Dewi Eka Pratiwi Niken Hendrakusma Wardani Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) menjadi satu instansi pemerintahan yang telah menerapkan e-gov dalam pelayanannya. Salah satu layanan yang disediakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah situs web Perijinan Terpadu (http://www.perijinan.kubarkab.go.id). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan situs web Perijinan Terpadu terhadap kepuasan pengguna. Variabel yang diteliti disesuaikan dengan model e-govqual yang terdiri dari Usability, Information Quality, Security, Public Responsiveness. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 6 partisipan, yang terbagi menjadi dua kategori yaitu, partisipan yang sudah pernah menggunakan dan yang belum pernah menggunakan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, pada variabel Usability dinilai baik, namun pada indikator Multibahasa memang belum tersedia. Information Quality dinilai cukup baik, pada indikator Information Timelinessketepatan waktu menampilkan informasi perlu ditingkatkan. Variabel Security memperoleh penilaian baik namun tetap perlu untuk meningkatkan keamanan privasi data pengguna pada situs web maupun melalui instansi. VariabelPublic Responsiveness dinilai cukup baik. Pada indikator Goverment Responsiveness perlu untuk meningkatkan respon tanggapan terhadap saran maupun pertanyaan warga pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Pratiwi, A., Wardani, N., & Herlambang, A. Analisis Kualitas Situs Web Pemerintah Daerah Pelayanan Perijinan Terpadu terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-Govqual (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9177-9185, des. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6363>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel