Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan dan Perawatan Penyakit Diabetes Mellitus berbasis Website (Studi Kasus: Klinik Griya Bromo Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Riznin Ayustya Imandiena Faizatul Amalia Achmad Arwan

Abstrak

Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit kronis dari kategori jenis penyakit tidak menular yang disebabkan oleh gangguan metabolik akibat tidak berfungsinya pankreas untuk memproduksi insulin. Banyak diantara para penderita DM yang awalnya tidak mengetahui bahwa mereka menderita penyakit DM, hingga pada akhirnya penyakit tersebut telah berkembang dan mengakibatkan komplikasi. Tidak dapat dipungkiri, ketidaktahuan ini didasarkan pada minimnya pengetahuan dan fasilitas pelayanan kesehatan yang dikhususkan untuk penderita DM. Klinik Griya Bromo merupakan salah satu klinik yang khusus menerima pasien dengan Diabetes Mellitus. Namun, selama ini proses pelayanan pasien masih dilakukan menggunakan paper based system yang dikelola oleh dua orang admin. Pada mulanya hal tersebut bukan suatu masalah, namun saat ini jumlah kunjungan rata-rata pasien mencapai angka 120 hingga 130 orang setiap harinya. Sebagai salah satu institusi penyedia layanan kesehatan, klinik tentu membutuhkan keberadaan sebuah sistem informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dilakukan suatu proses analisis kebutuhan dihasilkan 33 kebutuhan fungsional serta 1 kebutuhan non-fungsional. Selepas itu dilakukan tahap perancangan dengan menggunakan pemodelan UML yang dapat digunakan sebagai acuan dalam fase implementasi sistem dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan CodeIgniter Framework. Tahap terakhir, dilakukan pengujian fungsionalitas sistem dengan teknik black-box dan white-box yang menunjukkan hasil 100% valid pada seluruh kasus uji. Sedangkan pada user acceptance testing, didapatkan hasil 100% valid pada 19 test case. Pada pengujiam compatibility, sistem berhasil dijalankan denganibaijipada 11 browser yang berbeda-beda.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Imandiena, R., Amalia, F., & Arwan, A. Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan dan Perawatan Penyakit Diabetes Mellitus berbasis Website (Studi Kasus: Klinik Griya Bromo Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9186-9193, des. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6366>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel