Kualitas Interaksi Multi Arah pada Pembelajaran Berbantuan Edmodo untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar (Studi pada Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Intan Kikis Sahara Satrio Hadi Wijoyo Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Pembelajaran ialah perpaduan aktivitas mengajar dan belajar melibatkan interaksi aktif antara guru dan siswa supaya tujuan yang telah ditentukan tercapai. Namun, terdapat permasalahan saat pelaksanaan pembelajaran di kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang yaitu kurangnya kualitas interaksi multi arah yang disebabkan oleh keterbatasan frekuensi waktu guru mengajar secara langsung di dalam kelas dan siswa pasif bertanya selama pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Tahun Pelajaran 2018/2019 sedang mengikuti mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh dikarenakan seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian yang terdiri dari 35 siswa kelas X TKJ 1 dan 36 siswa kelas X TKJ 2. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini membandingkan antara model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran blended learning dengan bantuan Edmodo bertujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi multi arah. Jenis penelitian eksperimen weak experimental menggunakan desain static-group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, peneliti mendapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kualitas interaksi multi arah antara kelas blended learning dengan bantuan Edmodo dibandingkan kelas konvensional berdasarkan bukti hasil uji t-test.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sahara, I., Wijoyo, S., & Herlambang, A. Kualitas Interaksi Multi Arah pada Pembelajaran Berbantuan Edmodo untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar (Studi pada Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9203-9211, des. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6372>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel