Evaluasi User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Ruang Guru dengan Metode Heuristic Evaluation

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Cheldo Bagus Romansya Hanifah Muslimah Az-Zahra Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Aplikasi perangkat bergerak Ruang Guru adalah salah satu aplikasi E-learning terkemuka di Indonesia yang memiliki jumlah unduhan terbanyak namun branding yang besar ternyata berbanding terbalik dengan kualitas atau tingkat usabilitas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan pada aplikasi Ruang Guru yang mengganggu tingkat usabilitas secara mendalam oleh para expert. Metode yang digunakan adalah Evaluasi Heuristik dengan prinsip E-learning, metode ini adalah metode heuristic yang secara khusus digunakan untuk mengevaluasi E-learning, karena pada metode ini prinsip yang digunakan ada 15 prinsip yang mencakup muatan instruksional pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan total 28 permasalahan yang masuk di 10 jenis dari 15 prinsip heuristik E-learning. Ada 3 prinsip heuristik yang memiliki jumlah masalah terbanyak dengan 5 permasalahan, yaitu H1 (Visibility of System Status), H4 (Consistency and Standards), dan H7 (Aesthethic). Dan heuristik dengan rata-rata severity rating tertinggi adalah H5 (Error prevention). Dari permasalahan yang ditemukan, penelitian ini menghasilkan 28 rekomendasi perbaikan. Rekomendasi perbaikan ini terbagi dalam 3 jenis perbaikan yaitu perbaikan desain antarmuka pengguna, perbaikan sistem dan keamanan, dan pelatihan pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Romansya, C., Az-Zahra, H., & Rokhmawati, R. Evaluasi User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Ruang Guru dengan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9222-9230, des. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6377>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel