Pengembangan Sistem Survei Pelanggan berbasis Website (Studi Kasus: Departemen Pemasaran Urea PT. Pupuk Kalimantan Timur)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Akhmad Rizqi Azhari Adam Hendra Brata Komang Candra Brata

Abstrak

PT. Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) merupakan anak perusahaan PT. Pupuk Indonesia (Persero) yang memproduksi urea, amoniak, dan NPK. Departemen pemasaran urea melaksanakan kegiatan pemasaran dan administrasi penjualan produk urea non subsidi dan melaksanakan kegiatan layanan pelanggan melalui survei pelanggan untuk mengukur kepuasan, ketidakpuasan dan loyalitas pelanggan terhadap produk. Kendala yang dialami adalah pengiriman kuesioner dan pengumpulan kembali kuesioner yang memerlukan waktu yang cukup lama dan tenaga yang tidak sedikit. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem website yang memuat laporan hasil survei dan hasil indeks yang dicari. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah dengan menggunakan model Waterfall. Sistem kemudian diimplementasikan ke dalam framework Codeigniter. Sistem tersebut diuji melalui pengujian unit dan validasi, sehingga kedua pengujian tersebut menghasilkan valid secara keseluruhan. Kemudian melalui pengujian compatibility, maka sistem dapat diimplementasikan dalam beberapa browser dan perangkat mobile dan terdapat beberapa permasalahan pada website.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Azhari, A., Brata, A., & Brata, K. Pengembangan Sistem Survei Pelanggan berbasis Website (Studi Kasus: Departemen Pemasaran Urea PT. Pupuk Kalimantan Timur). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9257-9263, des. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6383>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel