Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Pelayanan (SIP) menggunakan Metode E-GovQual (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rozi Hendarta Niken Hendrakusma Wardani Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Sebagai bentuk tanggung jawab dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat melalui implementasi e-gov, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember mengembangkan website SIP sebagai salah satu langkah mewujudkan good governance. Harapannya adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan dan kemudahan aksesibilitas pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kualitas layanan SIP dengan e-GovQual dan tujuannya adalah mendapatkan prioritas pengembangan situs web. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan melibatkan 100 responden. Terdapat 21 pernyataan yang mewakili atribut dari dimensi e-GovQual. Pernyataan tersebut diuji menggunakan Cronbach’s α. Proses pengolahan datanya menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) guna memperoleh faktor-faktor utama yang mempengaruhi setiap dimensi e-GovQual. Dari rata-rata communalities tiap dimensi, diketahui bahwa prioritas utama terletak pada Citizen Support (0,739); diikuti Trust (0,670); Reliability (0,627); dan Efficiency (0,587).

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hendarta, R., Wardani, N., & Herlambang, A. Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Pelayanan (SIP) menggunakan Metode E-GovQual (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9278-9283, des. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6389>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel