Perancangan Game Pembelajaran Pengucapan Bahasa Inggris Berbasis Pengenalan Suara

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fikri Ihsan Ahmad Tri Afirianto Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa seluruh negara di dunia dalam posisinya sebagai lingua franca global. Indonesia juga harus menempatkan bahasa Inggris pada posisi yang sama agar dapat bersaing lebih besar pada persaingan internasional. Edukasi Bahasa Inggris di Indonesia sudah dilakukan sejak SD, tapi pemebalajaran hanya fokus kepada penguasaan kosa kata dan tatabahasa, tanpa memperhatikan penguasaan pengucapan. Gim edukasi dapat menjadi media pembelajaran pengucapan bahasa Inggris yang interaktif, membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. International Poetic Alphabet (IPA) merupakan simbol yang dapat merepresentasikan bunyi pengucapan bahasa Inggris, digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran. Iterative Prototyping merupakan metode penelitian yang dipakai untuk merancang dan mengimplementasikan gim pembelajaran pengucapan bahasa Ingris, yang masing-masing dilakukan secara iterasi sampai memenuhi kebutuhan target pemain. Perancangan merupakan proses iterasi yang menghasilkan paper prototype, dari pengumpulan analisis kebutuhan terhdap target pengguna. Implementasi  merupakan proses iterasi yang menghasilkan protype digital yang dapat dimainkan pada platform mobile Android, berdasarkan percancangan. Hasil dari penelitian menunjukkan gim edukasi dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan pengucapan bahasa Inggris.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ahmad, F., Afirianto, T., & Akbar, M. Perancangan Game Pembelajaran Pengucapan Bahasa Inggris Berbasis Pengenalan Suara. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9299-9304, jan. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6396>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel