Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sampit)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Frydo Tio Fernando Nanang Yudi Setiawan Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sampit (KSOP) ialah instansi yang memiliki tugas pokok untuk melakukan pengawasan dan menegakan hukum pada bidang keselamatan dan kemanan berlayar. Didalam KSOP terdapat seksi keselamatan berlayar yang memiliki proses bisnis ijin lapor tiba kapal, ijin olah gerak kapal, ijin bongkar muat barang dan surat persetujuan berlayar. Pada saat menjalankan bisnis proses ditemukan bisnis proses yg kurang efektif serta efisien seperti kurangnya informasi yang diberikan kepada pemohon terkait pengajuan, terjadi proses yang berulang, pembukuan dan pengarsipan masih secara manual sehingga dapat menimbulkan masalah lainnya. Dengan timbulnya permasalahan tersebut, diperlukannya evaluasi serta perbaikan bisnis proses agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebuah metode yang bisa digunakan melakukan analisis akar permasalahan adalah metode FMEA dan 5 Why Analysis. Untuk melakukan pemodelan digunakan metode Busines Proces Modelling Notations, serta metode Busines Proces Improvements untuk dilakukan perbaikan bisnis proses. Tujuan dijalankan simulasi bisnis proses saat ini dan rekomendasi agar mengetahui seberapa besar peningkatan waktu yang temui. Pada simulasi  bisnis proses lapor tiba kapal terjadi peningkatan waktu sebesar 66,21%. Peningkatan tersebut dikarenakan adanya perbaikan aktifitas serta adanya sistem informasi dalam menjalankan bisnis proses rekomendasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fernando, F., Setiawan, N., & Perdanakusuma, A. Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sampit). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9321-9327, jan. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6404>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel