Sistem Pengusir Hama Burung pada Sawah dengan Menggunakan Sensor PIR dan Metode Naïve Bayes

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Irham Manthiqo Noor Hurriyatul Fitriyah Rizal Maulana

Abstrak

Ada beragam metode di dalam mengatasi serangan hama padi. Umumnya metode yang dipergunakan kurang efesien dan efektif. Penelitian yang dilakukan menggagas pemanfaatan tekhnologi, khususnya dengan memanfaatkan Sensor Passive InfraRed (sensor-PIR) pada Arduino-UNO dalam pengusiran hama burung di sawah.


Metode dengan pemanfaatan sensor tersebut mampu mendeteksi sinar infra merah berupa gelombang panas yang dikeluarkan burung. Hasil deteksi tersebut kemudian dikirim ke Arduino UNO selanjutnya ke servo motor. Memanfaatkan metode Naïve Bayes untuk mencari peluang keberhasilan., penelitian ini mengungkapkan hasil persentase akurasi sebesar 89.45%. Adapun komputasi data saat sistem berhenti sebesar 1262.5898 milisekon.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Noor, I., Fitriyah, H., & Maulana, R. Sistem Pengusir Hama Burung pada Sawah dengan Menggunakan Sensor PIR dan Metode Naïve Bayes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 9328-9333, jan. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6408>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel