Pengembangan Aplikasi Data Warehouse Prestasi Mahasiswa (Studi Pada: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sausan Zahrah Issa Arwani Satrio Agung Wicaksono

Abstrak

Akreditasi program studi dilakukan setiap lima tahun sekali. Dalam proses akreditasi, terdapat beberapa parameter yang digunakan untuk penilaian akreditasi, di antaranya adalah pencapaian mahasiswa yang salah satunya dilihat dari aspek prestasi. Pada Fakultas Ilmu Komputer, data prestasi yang diperoleh mahasiswa disimpan oleh Bagian Kemahasiswaan. Sedangkan data akademik mahasiswa disimpan oleh Bagian Akademik. Dalam melakukan rekapitulasi data prestasi dan akademik, pihak program studi pada Fakultas Ilmu Komputer mendapatkan data dari dua sumber yang berbeda, yaitu Bagian Kemahasiswaan dan Bagian Akademik. Untuk mempermudah proses rekapitulasi data dari dua sumber tersebut, diperlukan sebuah data warehouse sehingga data dari sumber yang berbeda dapat diakses pada waktu yang bersamaan.


Dalam membangun data warehouse, tahap perancangan yang dilakukan mengacu pada Nine Step Methodology. Dari perancangan dan implementasi yang dilakukan, dihasilkan 6 tabel dimensi dengan 3 tabel fakta, yaitu tabel fakta Prestasi, Lulusan dan Mahasiswa Aktif. Kemudian dilakukan pengujian validasi yang menghasilkan status valid pada seluruh kasus uji, lalu dilakukan pengujian performa ETL pada segi waktu dengan hasil waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk eksekusi proses ETL adalah ± 11 detik dengan total jumlah data sebanyak 32.746 data.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Zahrah, S., Arwani, I., & Wicaksono, S. Pengembangan Aplikasi Data Warehouse Prestasi Mahasiswa (Studi Pada: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 4, p. 1020-1026, juni 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7115>. Tanggal Akses: 19 sep. 2020
Bagian
Artikel