Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: SMKN 3 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Syattya Permata Anugrah Retno Indah Rokhmawati Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

Penerapan Learning Management System (LMS) pada SMK Negeri 3 Malang masih ada ditemui permasalahan oleh siswa dikarenakan daya literasi mereka yang rendah, tampilan yang susah dimengerti dan pengguna tidak mengerti beberapa fitur di dalam sistem. Sehingga muncul permasalahan pada aspek usability dan learnability dari LMS tersebut. Peneliti melakukan perbandingan usability pada dua LMS yang digunakan yaitu Edmodo dan Google Classroom, menggunakan metode Cognitive Walkthrough untuk pengujian usability dan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mendapatkan pengalaman pengguna dari siswa terhadap LMS Google Classroom dan Edmodo. Responden yang terlibat sebanyak lima siswa untuk pengujian Cognitive Walkthrough dan 30 siswa untuk metode User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian Cognitive Walkthrough menunjukkan LMS Google Classroom memiliki total delapan permasalahan, kemudian pada LMS Edmodo terdapat sembilan permasalahan. Pada hasil penyebaran kuesioner UEQ, Edmodo unggul pada aspek yaitu kejelasan, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Sementara Google Classroom unggul pada aspek daya tarik dan efisiensi. Dari hasil tersebut, Google Classroom lebih direkomendasikan pada pengguna baru karena unggul dalam aspek learnability, tetapi dari segi pengalaman pengguna, Edmodo lebih direkomendasikan untuk digunakan siswa SMKN 3 Malang dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Anugrah, S., Rokhmawati, R., & Wijoyo, S. Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: SMKN 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 4, p. 1056-1063, juni 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7132>. Tanggal Akses: 19 sep. 2020
Bagian
Artikel