Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Indah Bordir Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Achmad Fauzi Yusi Tyroni Mursityo Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

Indah Bordir merupakan toko ritel fashion yang kini telah memiliki situs web resmi sendiri untuk melebarkan sayap di dunia e-commerce. Namun tetap diperlukan pengoptimalan situs web ecommerce dalam rangka perluasan jangkauan pasar dan memberi kemudahan konsumen yang berada diluar Jawa Timur untuk mendapatkan produk dari Indah Bordir, mereka dapat memesan tanpa harus mengunjungi toko. Akan tetapi Data dari web analisis dengan menggunakan SEMrush.com juga menunjukkan bahwa traffic situs web Indah Bordir mengalami penurunan pada tahun 2019 sebanyak 77,8%. Hal ini mengidentifikasikan adanya permasalahan pada situs web. Dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan usability situs web. Penelitian dilakukan untuk menghasilkan desain antarmuka yang sesuai dengan kaidah usability menggunakan pendekatan human centered design (HCD), dan juga usability testing sebagai alat guna mengidentifikasi masalah yang ada terkait dengan tingkat usability hingga akhirnya memunculkan kebutuhan baru. Dengan begitu keredibilitas perusahaan serta jumlah pengguna situs web diharapkan dapat mengalami peningkatan sehingga menghasilkan keuntungan pada perusahaan. HCD merupakan pendekatan untuk pemecahan masalah, pendekatan HCD biasa digunakan untuk desain serta kerangka kerja untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan perspektif manusia sepenuhnya untuk menghasilkan solusi. Penelitian ini menghasilkan sebuah solusi desain antarmuka situs web yang telah mengalami perbaikan dengan menggunakan guideline dan hasil evaluasi awal yang kemudian dievaluasi kembali menggunakan usability testing dengan responden yang berbeda, sehingga didapatkan peningkatan yang signifikan di setiap metrik usability dan kepuasan pengguna. Pada penelitian ini telah menghasilkan solusi desain situs web Indah Bordir telah sesuai dengan aturan usability.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fauzi, A., Mursityo, Y., & Az-Zahra, H. Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Indah Bordir Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 4, p. 1064-1074, juni 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7133>. Tanggal Akses: 19 sep. 2020
Bagian
Artikel