Pengembangan Sistem Informasi Kredit Prestasi Berbasis Web (Studi Kasus: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aditya Yusril Fikri Achmad Arwan Faizatul Amalia

Abstrak

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) merupakan satu diantara beberapa fakultas yang berada di Universitas Brawijaya. Setiap kegiatan ekstrakurikuler dan non kurikuler di FEB UB perlu dilakukan pemberian poin satuan kredit prestasi (SKP) sebagai motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan soft skill. Untuk mendapatkan poin SKP, mahasiswa harus mengikuti kegiatan lembaga mahasiswa. Terdapat permasalahan yang terjadi pada kegiatan lembaga mahasiswa yaitu pada proses pengajuan proposal dan LPJ kegiatan. Mahasiswa harus bertatap muka langsung dengan staf kemahasiswaan untuk meminta proses persetujuan. Sehingga mahasiswa terkendala dalam proses pengajuan kegiatan. Staf kemahasiswaan mengalami kesulitan dalam mendata proses pengajuan kegiatan dikarenakan data tersebar pada beberapa file dan membuat staf kemahasiswaan kesulitan dalam melakukan rekapitulasi kegiatan. Maka dari itu dilakukan penelitian pengembangan sistem kredit prestasi untuk mengatasi permasalah tersebut. Pengembangan sistem kredit prestasi menerapkan metode waterfall model dengan. tahapan pengembangan sistem mulai dari studi literatur, rekayasa kebutuhan, perancangan, implementasi sistem hingga pengujian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil elisitasi berupa 9 jenis aktor, 55 buah kebutuhan fungsional dan 1 buah kebutuhan non fungsional. Untuk perancangan menghasilkan perancangan arsitektur, komponen, basis data dan antarmuka, kemudian dilakukan implementasi. Sistem kredit prestasi kemudian dilakukan dengan white box testing pada pengujian unit dan integrasi sedangkan untuk black box testing pada pengujian validasi dengan hasil pengujian 100% bernilai pass. Selain itu dilakukan pengujian compatibility pada browser firefox, chrome, opera, edge, internet explorer, dan safari.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fikri, A., Arwan, A., & Amalia, F. Pengembangan Sistem Informasi Kredit Prestasi Berbasis Web (Studi Kasus: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 4, p. 1181-1188, juni 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7163>. Tanggal Akses: 19 sep. 2020
Bagian
Artikel