Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Klasifikasi Lingkungan Hidup Larva Lalat Tentara Hitam (Hermetia Illucens) dengan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Amri Yahya Rizal Maulana Eko Setiawan

Abstrak

Proses biodegradasi merupakan aktivitas memakai sebuah mikorganisme untuk melakukan proses penanganan limbah secara cepat. Mikoorganisme yang dapat menanganai limbah secara efesien adalah larva lalat tantara hitam. Mutu lingkungan hidup larva menunjang dalam proses biodegrasi. Sistem monitoring mutu lingkungan menggunakan beberapa sensor dan sebuah mikrokontroler yang dikemas dalam bentuk sistem monitoring dan klasifkasi. Klasifikasi metode k-NN menghasilkan tiga kelas yaitu “Optimal”, “Sedang”, dan “Buruk” dengan input beberapa mutu lingkungan larva. Internet of Things (IoT) digunakan untuk mengirim hasil data sistem monitoring dan klasifikasi ke aplikasi Android. Hasil dari pengujian klasifikasi k-NN mendapatkan hasil 91,3%. Pengujian waktu komputasi mendapatkan waktu dengan rata-rata 4275ms pada sistem. Pengujian pengiriman data dari sistem ke Firebase dan Firebase ke aplikasi Android mendapatkan hasil bahwa 100% data terkirim sesuai data sistem monitoring dan klasifikasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Yahya, A., Maulana, R., & Setiawan, E. Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Klasifikasi Lingkungan Hidup Larva Lalat Tentara Hitam (Hermetia Illucens) dengan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 6, p. 1693-1701, juli 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7360>. Tanggal Akses: 21 sep. 2020
Bagian
Artikel