Perbaikan User Experience Aplikasi Pertanian “Teman Tani Pintar” dengan menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus BBPP Ketindan)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fauziyah Nur Rahmania Hanifah Muslimah Az-Zahra Lutfi Fanani

Abstrak

Teman Tani Pintar adalah aplikasi pertanian yang dikembangkan oleh BBPP Ketindan. Aplikasi ini berfungsi sebagai media sharing pembuatan suatu produk pertanian yang telah dihasilkan balai kepada masyarakat luas terutama untuk petani. Teman Tani Pintar terbilang aplikasi yang baru dan belum pernah dilakukan evaluasi terkait usability ataupun user experience sebelumnya sehingga pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi dan perbaikan dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design. Dalam penelitian ini evaluasi dilakukan dengan usability testing, observasi, dan wawancara kepada 9 responden. Usability testing berguna mengukur efektifitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dengan menggunakan System Usability Scale. Hasil evaluasi awal menunjukan masih banyak masalah yang dialami oleh pengguna seperti desain yang monoton, kurangnya informasi dibagian awal, roomchat tidak seperti pada umunya, dan masalah-masalah lainnya. Hasil completion evaluasi desain awal terdapat responden yang complete ratenya 88,88%, untuk error terdapat reponden yang memiliki error rate 11,11%, rata-rata total pengerjaan tugas atau time 94,78 detik dan tingkat kepuasan pengguna berada pada nilai 63,3 atau poor. Setelah dilakukan perbaikan, desain solusi dievaluasi lagi kepada responden hasilnya complete rate semua responden 100%, untuk error rate 0% semua responden, rata-rata total pengerjaan tugas menjadi 60,63 detik, dan kepuasan pengguna meningkat menjadi 83,61 yang berarti excellent.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rahmania, F., Az-Zahra, H., & Fanani, L. Perbaikan User Experience Aplikasi Pertanian “Teman Tani Pintar” dengan menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus BBPP Ketindan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 6, p. 1717-1724, juli 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7377>. Tanggal Akses: 23 sep. 2020
Bagian
Artikel