Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penilaian Siswa Menggunakan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: SMP Islam Sabilurrosyad Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sania Nur Agustina Ismiarta Aknuranda Alfi Nur Rusydi

Abstrak

SMP Islam Sabilurrosyad telah menerapkan sistem kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajar. Begitu juga dengan proses penilaian siswa. Siswa SMP Islam Sabilurrosyad mendapatkan rapor hasil nilai belajar setiap akhir bulan dan akhir semester. Oleh karena itu, pihak sekolah tidak bisa memakai sistem rapor yang telah disediakan oleh pemerintahan dan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Pengumpulan nilai yang diberikan oleh guru pendidik kepada wali kelas seringkali mengalami keterlambatan dan wali kelas harus menyalin ulang nilai-nilai tersebut sebelum dicetak berupa dokumen rapor. Hal ini mengakibatkan tidak efisiensinya penggunaan waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti merancang sebuah antarmuka pengguna sistem informasi untuk membantu proses penilaian siswa agar lebih mudah dan lebih efisien. Perancangan antarmuka pengguna dilakukan dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) untuk menghasilkan rancangan yang sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan pengguna sehingga dapat mencapai kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah berupa dua desain prototipe fidelitas tinggi yang dievaluasi oleh calon pengguna yang berjumlah 3 orang. Pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian usability dan penilaian Single Ease Question (SEQ). Penilaian kuesioner ini mengukur tingkat kemudahan pengguna dalam mengerjakan suatu tugas. Hasil penilaian kuesioner SEQ menunjukkan bahwa desain satu dan desain dua mudah digunakan oleh calon pengguna dan dapat diterima oleh calon pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Agustina, S., Aknuranda, I., & Rusydi, A. Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penilaian Siswa Menggunakan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: SMP Islam Sabilurrosyad Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 2762-2771, agu. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7765>. Tanggal Akses: 24 nov. 2020
Bagian
Artikel