Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: SMP Islam Sabilurrosyad Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mardiana Dwi Muliani Ismiarta Aknuranda Alfi Nur Rusydi

Abstrak

Guru merupakan seorang tenaga pendidik yang profesional dan memiliki tugas serta tanggung jawab yang besar untuk mencerdaskan generasi bangsa. Pihak sekolah harus meningkatkan profesionalisme guru dengan melakukan penilaian kinerja guru. SMP Islam Sabilurrosyad merupakan pendidikan tingkat menengah yang berada di bawa naungan Yayasan Pendidikan Islam Kota Malang dan saat ini sekolah tersebut belum menerapkan penilaian kinerja guru dan belum memiliki mekanisme dan aturan PKG sehingga dapat menjadikan kesenjangan antar guru karena dapat berdampak pada tidak adilnya sekolah dalam memberikan hak guru atau tenaga pendidik sesuai dengan kompetensi dan indikator penilaian serta kegiatan pendukung lainnya. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, peneliti merancang antarmuka pengguna sistem informasi berbasis web untuk membantu proses penilaian kinerja guru. Pendekatan yang dilakukan menggunakan Human Centered Design (HCD) untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem sehingga dapat memberikan kepuasan pengguna. Rancangan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa dua desain prototipe fidelitas tinggi, kemudian dievaluasi menggunakan teknik usability testing dengan metode Single Ease Question (SEQ) kepada 4 orang responden selaku pengguna. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengukur tingkat kemudahan pengguna dalam mengerjakan skenario tugas. Hasil pengujian berdasarkan data yang didapatkan bahwa tugas yang diberikan dapat dikerjakan dengan mudah oleh responden namun butuh perbaikan berdasarkan saran yang diberikan oleh responden.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Muliani, M., Aknuranda, I., & Rusydi, A. Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: SMP Islam Sabilurrosyad Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 2772-2781, agu. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7766>. Tanggal Akses: 24 nov. 2020
Bagian
Artikel