Perancangan User Experience Sistem Informasi Manajemen Magang pada Jurusan Sistem Informasi menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Faiz Elyuan Permana Herman Tolle Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

PKL merupakan sebuah implementasi yang mengombinasikan antara pendidikan akademik yang didapat dari proses belajar mengajar kampus dan keahlian yang dimiliki mahasiswa berupa hardskill dan softskill. Pada Jurusan Sistem Informasi (JSI) Universitas Brawijaya mahasiswa yang akan menempuh matakuliah PKL secara mandiri harus mencari perusahaan yang akan dijadikan lokasi PKL. Saat ini masih belum terdapat kerjasama antara perusahaan dengan JSI, sehingga terdapat mahasiswa yang kesulitan saat mencari perusahaan untuk melaksanakan PKL. Tujuan penelitian ini adalah merancang user experience sistem informasi versi desktop dan mobile untuk menjembatani antara mahasiswa dan perusahaan terkait pencarian lowongan PKL dan penyebaran informasi lowongan PKL, yang dapat memenuhi kebutuhan, mudah digunakan dan memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengguna. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan perancangan adalah Human Centered Design (HCD). Rancangan sistem yang dihasilkan berupa prototipe fidelitas tinggi, yang kemudian dievaluasi dengan teknik usability testing dengan mengukur tiga aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan yang menggunakan kuesioner Single Ease Question(SEQ). Hasil pengujian untuk versi desktop menghasilkan nilai success rate 98,64%, nilai TBE 0,036 goals/sec, dan memperoleh nilai 6,19 pada tingkat kepuasan pengguna. Pada versi mobile menghasilkan nilai success rate 97,3%, nilai TBE 0,205 goals/sec, dan memperoleh nilai 6,2 pada tingkat kepuasan pengguna. Dan ditemukan 41 saran dari keseluruhan partisipan yang berguna untuk penelitian selanjutnya.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Permana, F., Tolle, H., & Rokhmawati, R. Perancangan User Experience Sistem Informasi Manajemen Magang pada Jurusan Sistem Informasi menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 2858-2867, sep. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7787>. Tanggal Akses: 25 nov. 2020
Bagian
Artikel