Optimasi Multiple Travelling Salesman Problem (M-TSP) pada Penentuan Rute Angkutan Sekolah menggunakan Algoritme Particle Swarm Optimization (PSO)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Hidayat Imam Cholissodin Bayu Rahayudi

Abstrak

Yayasan Pembina Muslim (YPM) Daarussalaam merupakan sebuah yayasan pendidikan yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman No 1, Swarga Bara, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Dalam YPM Daarussalam terdapat beberapa sekolah yaitu taman kanak-kanak islam terpadu (TKIT), sekolah dasar islam terpadu (SDIT), dan sekolah menengah pertama islam terpadu (SMPIT). Untuk membantu keberangkatan dan kepulangan siswa TK dan SD, pihak yayasan menyediakan fasilitas jasa angkutan sekolah yang dapat digunakan bagi siswa yang membutuhkan. Saat ini jumlah siswa yang menggunakan jasa angkutan sekolah adalah sebanyak 160 siswa dari total 832 siswa. Berdasarkan jumlah tersebut pihak yayasan menyediakan 8 armada dengan kapasitas 20 siswa tiap armada. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute optimal pada permasalahan Multiple Travelling Salesman Problem (M-TSP) dengan menggunakan Algoritme Particle Swarm Optimization (PSO). Pada penelitian ini rute sekolah direpresentasikan sebagai partikel yang dibagi menjadi 3 segmen yaitu keberangkatan (segmen 1), kepulangan 1 untuk siswa kelas 1,2, dan TK dan (segmen 2) dan kepulangan 2 untuk siswa kelas 3-6 yang kemudian partikel tersebut akan memperbarui kecepatan setiap iterasi untuk menemukan rute dengan nilai fitness terbaik. Parameter yang digunakan adalah jumlah iterasi = 538, ukuran partikel = 80, C1 = 1, dan C2 = 1,5. Fitness rata-rata yang didapatkan adalah 2,393 dan dengan hasil tersebut pihak yayasan dapat memangkas jarak sebanyak 210,884 Km.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hidayat, M., Cholissodin, I., & Rahayudi, B. Optimasi Multiple Travelling Salesman Problem (M-TSP) pada Penentuan Rute Angkutan Sekolah menggunakan Algoritme Particle Swarm Optimization (PSO). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 2878-2885, sep. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7797>. Tanggal Akses: 25 nov. 2020
Bagian
Artikel