Perancangan Dashboard Sistem Informasi Pemeringkatan Kinerja Dosen menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Universitas Brawijaya Annual Quality Award)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Amalia Dwi Indra Ramadhani Herman Tolle Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

UBAQA merupakan program kerja sebagai bentuk apresiasi Universitas kepada Fakultas, Program Studi dan unit kerja yang kinerjanya telah mengimplementasikan Standart Pelayanan Minimum dengan baik. Namun pada saat ini UBAQA hanya melakukan penilaian pemeringkatan untuk fakultas, program studi dan unit kerja saja, tanpa menilai dan melakukan pemeringkatan terhadap kinerja dosen secara personal. Sehingga manajemen Universitas Brawijaya dan pengelola UBAQA membutuhkan penilaian dan pemeringkatan terhadap kinerja dosen secara personal. Dari hasil pemeringkatan tersebut, maka dosen dapat diberikan apresiasi karena telah menyelesaikan tugas dengan baik dan memiliki prestasi kerja. Sehingga untuk memudahkan pelaksanaan pemeringkatan, penilaian dan monitoring kinerja dosen secara personal. UBAQA memerlukan adanya sistem informasi berbasis website untuk UBAQA mendapatkan visualisasi informasi dengan baik. Media visualisasi yang dapat digunakan yaitu dashboard. Untuk dapat menghasilkan dashboard yang mudah dan pengguna merasa puas, maka dilakukan perancangan User Experience (UX) dengan menerapkan metode human centered design sebagai tahap perancangan UX dan metode element of user experience sebagai tahapan dalam membuat rancangannya. Tahapan dari penelitian ini meliputi Spesifikasi konteks penggunaan, analisis kebutuhan, perancangan desain solusi dan evaluasi. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan pengujian usability testing pada aspek learnability, efficiency dan satisfaction menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian ditemukan 3 masalah dan 2 feedback responden terkait desain solusi yang diujikan, sehingga pada tahap selanjutnya dilakukan perbaikan dari desain solusi tersebut.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ramadhani, A., Tolle, H., & Rokhmawati, R. Perancangan Dashboard Sistem Informasi Pemeringkatan Kinerja Dosen menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Universitas Brawijaya Annual Quality Award). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 2912-2921, sep. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7815>. Tanggal Akses: 25 nov. 2020
Bagian
Artikel