Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Siswa Kelas Unggulan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Taman, Sidoarjo)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Jauhar Bariq Rachmadi Edy Santoso Novanto Yudistira

Abstrak

Siswa-siswi di sekolah pada umumnya memiki keberagaman tingkat kecerdasan, ada siswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi, biasa, dan rendah. Keberagaman tingkat kecerdasan siswa-siswi ini membuat siswa-siswi yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi tidak bisa memaksimalkan apa yang bisa mereka peroleh. Maka dari itu pihak sekolah membuatkan program kelas unggulan, kelas unggulan adalah kelas yang diisi oleh siswa-siswi yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Seleksi siswa kelas unggulan pada studi kasus di SMA Negeri 1 Taman masih menggunakan manual yaitu membandingkan siswa satu dengan siswa lainnya. Maka agar mempermudah proses seleksi siswa kelas unggulan, perlu dibuat sistem untuk rekomendasi proses seleksi siswa-siswi program kelas unggulan. Dalam melakukan sistem pendukung keputusan rekomendasi ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP). Sistem ini menggunakan beberapa nilai siswa sebagai kriteria untuk dilakukan perhitungan diantaranya adalah nilai tes potensial akademik, nilai psikologi, dan nilai ujian nasional masing-masing mata pelajaran. Metode SAW digunakan untuk menghitung nilai UN secara keseluruhan dan metode WP digunakan untuk menghitung semua nilai dan dilakukkan perangkingan lalu diambil 36 siswa dengan nilai paling besar. Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil akurasi 80,56%. Dari hasil yang didapatkan dapat disimpulkan penggunaan metode SAW dan WP cukup efektif digunakan dalam sistem rekomendasi kelas unggulan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rachmadi, J., Santoso, E., & Yudistira, N. Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Siswa Kelas Unggulan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Taman, Sidoarjo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 2969-2979, sep. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7832>. Tanggal Akses: 25 nov. 2020
Bagian
Artikel