Pengembangan Aplikasi Pembelajaran untuk Mendukung Mahasiswa dalam Belajar Pemrograman Java berbasis Android (Studi Kasus : FILKOM UB)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fadhyl Farhan Alghifari Komang Candra Brata Ahmad Afif Supianto

Abstrak

Kemajuan bidang teknologi informasi di Indonesia mengakibatkan kebutuhan terhadap alumni perguruan tinggi berbasis IT tinggi. Namun, masih banyak lulusan yang dianggap mengecewakan. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah tidak disertakannya kurikulum pemrograman di tingkat sekolah SD, SMP, dan SMA serta terbatasnya akses pembelajaran pemrograman. Kemudian, penulis melakukan pengumpulan data dengan cara kuisioner kepada 58 Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) angkatan 2018 dimana 75,9% responden berpendapat bahwa mempelajari pemrograman di perangkat mobile akan mempermudah mereka belajar Pemrograman karena akan mempermudah akses belajar. Lalu, sebesar 91,4% responden sebelum menjadi mahasiswa belum pernah mempelajari Bahasa Java, padahal Java ialah satu bahasa pemrograman yang sering dipakai. Oleh karena itu, aplikasi M-Learning untuk mempelajari Pemrograman Java dirasa perlu untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari Pemrograman Java. Penelitian ini akan menggunakan metode Mobile-D dimana aplikasi M-Learning sifatnya fleksibel dan metode Mobile-D dipakai karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang selalu berubah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penilaian pengguna terhadap aplikasi dengan nilai skor rata-rata SUS sebesar 84 pada mahasiswa dan 70 pada dosen, maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Pembelajaran untuk Mendukung Mahasiswa dalam Belajar Pemrograman Java Berbasis Android mudah digunakan dan dapat diterima oleh pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Alghifari, F., Brata, K., & Supianto, A. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran untuk Mendukung Mahasiswa dalam Belajar Pemrograman Java berbasis Android (Studi Kasus : FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 3021-3028, sep. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7847>. Tanggal Akses: 24 nov. 2020
Bagian
Artikel