Implementasi High Availability Web Server Menggunakan Metode Web Cluster Dan High Availability Proxy Pada Single Board Computer (Studi Kasus: UD Sendang Putra)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Roisul Setiawan Bayu Rahayudi Dany Primanita Kartika Sari

Abstrak

UD Sendang Putra merupakan usaha dagang yang bergerak dibidang distribusi, penjualan dan jasa bahan pangan. Sejak usaha dagang ini berdiri, semua kegiatan transaksi dan administrasi dilakukan secara manual. Dalam perkembangannya UD Sendang Putra sudah mulai bermigrasi ke sistem informasi, tetapi dalam pengembangannya UD Sendang Putra kesulitan mengimplementasikan sistem tersebut ke sebuah server dikarenakan lingkungan kerja yang tidak cocok untuk dipasang server. untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatlah sebuah cluster server dari single board computer. Untuk menambah availability nya digunakan 4 buah single board computer yang didesain dengan metode sistem terdistribusi agar server bisa melayani permintaan dengan baik. Dalam pengembangannya server ini dibangun menggunakan Raspberry Zero W untuk load balancer dan server, yang didesain untuk bisa melayani 3 kebutuhan fungsional dan 5 kebutuhan non fungsional. Pengujian fungsional dan non fungsional pada sistem menghasilkan nilai valid terhadap semua kebutuhan. Pengujian performance menyatakan bahwa cluster server ideal digunakan oleh 110 pengguna karena masih dalam batas aman penggunaan sumber daya yakni 80%. Berdasarkan hasil pengujian performa yang dilakukan cluster server memiliki tingkat availabilitas sebesar 98.53% dan dapat diambil kesimpulan bahwa cluster server layak digunakan di UD Sendang Putra.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Setiawan, R., Rahayudi, B., & Kartika Sari, D. Implementasi High Availability Web Server Menggunakan Metode Web Cluster Dan High Availability Proxy Pada Single Board Computer (Studi Kasus: UD Sendang Putra). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 3121-3128, sep. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7880>. Tanggal Akses: 24 nov. 2020
Bagian
Artikel