Evaluasi Layanan Data Center di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu dengan Menggunakan ITIL V.3 Framework Sub Domain Common Service Operation dan Organizing Service Operation

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dian Herbayu Yusi Tyroni Mursityo Aditya Rachmadi

Abstrak

Dinas Komunikasi Informatika Kota Batu merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pelayanan publik berbasis E-Government dan pengelolaan informasi. DISKOMINFO Kota Batu ini menyediakan layanan berupa data center .Bentuk Iayanan data center kepada instansi  Kota Batu diantaranya permintaan atas subdomain website. Permasalahan oprasional yang alami diantaranya belum adanya backup data yang rutin dan terjadwal. Hal yang menjadi fokus bersama adalah komitmen manajemen untuk meningkatkan kualitas layanan. Untuk mengetahui bentuk pengelolaan layanan yang diIakukan oIeh Dinas Kominfo, maka perlu diIakukan evaluasi tingkat maturitas terhadap layanan data center. Kondisi data center saat ini kondisinya tidak memenuhi standar dan pengelolaan didalamnya tidak diIakukan secara teratur. Evaluasi tingkat maturitas menggunakan ITIL Framework dengan domain Service operation. Evaluasi ini menghasilkan rekomendasi terhadap pengelolaan layanan data center. Selama proses evaluasi berIangsung diIakukan pengambiIan data yang valid dengan studi dokumen, wawancara, dan kuesioner sehingga didapatkan analisis maturity level domain Service operation pada sub domain Common Service operation Activities sebesar 2,1 (repeatable).  dan pada organizing service operation sebesar 1,9 (initial). Analisis ini menunjukkan bahwa masih terdapat banyak proses pengelolaan layanan data center yang belum dijalankan serta fungsi manajemen layanan. Keberadaan rekomendasi dari evaluasi ini akan membantu Dinas Kominfo dalam memperbaiki pengelolaan layanan  data center yang terstandardisasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Herbayu, D., Mursityo, Y., & Rachmadi, A. Evaluasi Layanan Data Center di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu dengan Menggunakan ITIL V.3 Framework Sub Domain Common Service Operation dan Organizing Service Operation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, p. 3143-3150, sep. 2020. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7894>. Tanggal Akses: 25 nov. 2020
Bagian
Artikel