Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batu dengan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Abdulloh Hamid Sulaiman Himawat Aryadita Aryo Pinandito

Abstrak

Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan layanan teknologi informasi di pemerintahan (e-Government) menjadikan pemerintah Kota Batu ikut serta dalam pengembangannya dengan memberikan layanan berupa website bagian humas. Namun, dalam penerapannya, terdapat beberapa kekurangan dalam website yang dirasakan pengguna. Penelitian ini membahas mengenai penilaian oleh pengguna khususnya masyarakat lokal akan layanan website humas pemerintah Kota Batu. Data pengguna didapat dari penyebaran kuesioner dengan menggunakan atribut-atribut e-Govqual serta analisis penilaian menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Selanjutnya rekomendasi perbaikan dan/atau pengembangan akan diberikan berdasarkan Heuristic evaluation. Hasil akhir penelitian menunjukkan, bahwa layanan website masih belum memenuhi harapan pengguna. Dari analisis kesesuaian, hasil akhir bernilai <100% yaitu 81,89% serta analisis tingkat kesenjangan (gap) benilai <0 (negatif) yaitu -0,72. Dari analisis kuadran, terdapat 3 atribut yang menjadi prioritas utama perbaikan dan/atau pengembangan dan 6 atribut yang menjadi prioritas rendah perbaikan dan/atau pengembangan. Dari sembilan atribut tersebut, diberikan rekomendasi perbaikan dan/atau pengembangan berdasarkan Heuristic evaluation.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sulaiman, A., Aryadita, H., & Pinandito, A. Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batu dengan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 493-502, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/846>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel