Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Resiko Konsumen terhadap Niat Berbelanja di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus menggunakan Technology Acceptance Model

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sepdiyah Ayu Ningrum Ari Kusyanti Himawat Aryadita

Abstrak

E-commerce adalah transaksi bisnis dalam jaringan internet. Salah satu e-commerce yang terkenal adalah Forum Jual Beli Kaskus pada situs www.kaskus.co.id. Kepercayaan selalu menjadi elemen penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam lingkungan yang tidak pasti, seperti e-commerce. Dengan banyaknya kasus penipuan dalam e-commerce, maka konsumen merasa ragu untuk berbelanja di e-commerce karena takut beresiko. Penelitian ini menggunakan model modifikasi Technology Acceptance Model dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Penelitian ini menganalisis variabel apa sajakah yang mempengaruhi  kepercayaan dan risiko dalam  berbelanja di Kaskus. Penelitian ini mengembangkan kerangka teori yang menjelaskan apa saja yang mempengaruhi kepercayaan dan resiko terhadap niat konsumen untuk berbelanja di Kaskus. Sampel data dikumpulkan melalui survei berbasis kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa familiar dengan website, disposisi kepercayaan konsumen, persepsi perlindungan privasi, persepsi perlindungan keamanan, kualitas informasi dari situs web dan reputasi positif mempengaruhi kepercayaan konsumen. Familiar dengan website, kualitas informasi, dan reputasi website tidak mempengaruhi resiko dalam berbelanja di Kaskus. Kepercayaan konsumen, resiko, persepsi manfaat dan persepsi kemudahan dalam menggunakan website Kaskus mempengaruhi niat konsumen untuk berbelanja di Kaskus.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ningrum, S., Kusyanti, A., & Aryadita, H. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Resiko Konsumen terhadap Niat Berbelanja di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 459-468, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/848>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel