Implementasi Metode TOPSIS Untuk Penentuan Finalis Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang (Studi Kasus : Paguyuban Joko Roro)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Krisna Andryan Syahputra Effendi Edy Santoso Nurul Hidayat

Abstrak

Setiap wilayah kabupaten maupun kota yang ada di Indonesia memiliki ikon tersendiri untuk memamerkan daerahnya masing-masing. Mulai dari kebudayaan, bahasa hingga potensi alam yang terdapat di daerah bersangkutan. Salah satu ikon yang paling banyak dikenal hingga daerahnya dikunjungi oleh wisatawan ialah pariwisata. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan domestik dan juga mancanegara yang berkunjung pada setiap daerah di Indonesia, salah satunya Kabupaten Malang. Kabupaten Malang kaya akan potensi wisata alam dan juga wisata lainnya. Oleh karena itu Kabupaten ini Dijuluki “The Heart of East Java”. Kabupaten Malang mempunyai salah satu media promosi terpopuler yaitu duta wisata joko roro Kabupaten Malang. Joko roro ini berdiri sejak tahun 2005. Namun dalam penjaringan peserta yang nantinya menjadi joko dan roro, panitia dirasa kesulitan. Hal ini ditandai dengan banyaknya peserta yang mengakibatkan data hilang. Dan juga subjektifitas sangat menyulitkan dewan juri ketika penentuan finalis yang akan menjadi joko dan roro. Dari permasalahan tersebut, maka dirancang sebuah sistem penudukung keputusan yang dapat menentukan keputusan finalis duta wisata joko roro Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode TOPSIS dan menggunakan lima kriteria untuk administrasi dan lima kriteria untuk penyeleksi. Pengujian akurasi yang didapatkam yaitu 52%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Effendi, K., Santoso, E., & Hidayat, N. Implementasi Metode TOPSIS Untuk Penentuan Finalis Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang (Studi Kasus : Paguyuban Joko Roro). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 469-478, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/855>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel