Iklan Online di Media Sosial : Risiko dan Kepercayaan Pengguna terhadap Iklan Online di Line@ dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM) Studi Kasus : Line@ Berrybenka

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Maharani Essraningtiyas Ari Kusyanti Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Iklan online merupakan media yang digunakan oleh organisasi ataupun perorangan untuk mengenalkan produk ataupun layanan kepada masyarakat melalui media internet. Penelitian ini membahas mengenai dampak positif dan negatif iklan online. Model yang digunakan adalah TAM (Technology Acceptance Model) digabungkan dengan trust dan perceived risk menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) pada studi kasus Line@ dengan data sampel sebanyak 229. Hasil menunjukkan bahwa niat pengguna untuk bertransaksi online tidak ditentukan oleh manfaat dari iklan online serta kemudahan dalam menggunakan sistem tetapi karena mereka menerima dan mengembangkan sikap positif terhadap iklan online. Selain itu niat pengguna untuk bertransaksi online juga dipengaruhi oleh perceived risk karena selain mempertimbangkan dampak positif, pengguna juga mempertimbangkan dampak negatif iklan online sebelum melakukan transaksi di line.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Essraningtiyas, M., Kusyanti, A., & Herlambang, A. Iklan Online di Media Sosial : Risiko dan Kepercayaan Pengguna terhadap Iklan Online di Line@ dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM) Studi Kasus : Line@ Berrybenka. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 533-542, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/870>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel