Implementasi MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) pada Sistem Monitoring Jaringan berbasis SNMP (Simple Network Management Protocol)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Akbar Pandu Segara Rakhmadhany Primananda Sabriansyah Rizqika Akbar

Abstrak

Semakin berkembangnya pengguna teknologi informasi saat ini, dibutuhkan sistem monitoring yang memudahkan administrator jaringan untuk memantau perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Saat ini sistem monitoring jaringan umumnya menampilkan informasi dengan cara polling data perangkat setiap beberapa menit sekali. Hal ini menyebabkan administrator tidak dapat mengetahui sedini mungkin apabila terjadi sesuatu pada perangkat yang dimonitor. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem monitoring jaringan berbasis SNMP dengan mengimplementasikan MQTT. MQTT menggunakan prinsip publish-subscribe dalam berkomunikasi. MQTT digunakan karena protokol pengiriman pesannya yang ringan (lightweight) dan hemat daya. Penelitian ini menghasilkan sistem monitoring jaringan yang dapat menampilkan informasi perangkat yang dimonitor yakni CPU, load, dan memory secara periodik dalam bentuk grafik dan tabel pada antarmuka web. Pengembangan sistem dilakukan dengan mengimplementasikan SNMP agent pada setiap perangkat yang dimonitor. Kemudian mengimplementasikan SNMP manager pada NMS Server yang bertindak sebagai publisher. Manager melakukan request informasi ke agent setiap 2 detik sekali. Pada sisi client diimplementasikan sebuah subscriber untuk berlangganan data yang telah dipublikasi oleh manager untuk kemudian diolah pada antarmuka berbasis web. Dari hasil pengujian menunjukkan waktu pemrosesan data oleh manager/server dan client membutuhkan waktu rata-rata 2,029 detik, untuk waktu pemrosesan data dari server ke client membutuhkan waktu rata-rata 1,210 detik.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Segara, A., Primananda, R., & Akbar, S. Implementasi MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) pada Sistem Monitoring Jaringan berbasis SNMP (Simple Network Management Protocol). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 695-702, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/931>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel