Implementasi Adaptive AI Pada Game Turn-Based RPG Dengan Menggunakan Metode Hierarchial Dynamic Scripting

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Intishar Fadi Abdillah Eriq Muh. Adams Jonemaro Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Ada banyak metode yang digunakan oleh pengembang game dalam menerapkan Artificial Intelligence(AI) ke dalam Non Playable Character(NPC) yang bertujuan sebagai penghambat gamer dalam mencapai tujuan atau misinya. Metode Scripting adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan pengembang game dalam merancang AI pada NPC dikarenakan prosesnya yang sederhana, fleksibel(mudah dimodifikasi), dan powerful. Metode Scripting merupakan cara untuk merancang behaviour NPC melalui kombinasi aturan atau rule yang dimodelkan dengan kalimat if-then. Kombinasi beberapa rule ini tentunya ditulis secara eksplisit pada source code atau file eksternal lain (biasa disebut sebagai hard-coded) yang mana tidak memungkinkan untuk merubah behaviour NPC ketika game telah dirilis. Hal ini menyebabkan NPC seringkali mudah dieksploitasi oleh gamer yang telah memahami pola dari behaviour NPC. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu metode yang mampu menghasilkan behaviour NPC yang adaptif namun tetap memberikan sifat dari metode Scripting yakni sederhana, fleksibel, dan powerful. Oleh karean itu, metode Hierarchial Dynamic Scripting mencoba untuk menjawab permasalahan tersebut dalam penelitian ini. Metode Hierarchial Dynamic Scripting merupakan pengembangan lanjut dari metode Dynamic Scripting dengan menambahkan arsitektur Hierarchial Task Network di dalamnya. Prinsip utama dari metode Dynamic Scripting adalah memberikan weight atau bobot tertentu pada kumpulan rule  dan mengkombinasikannya menjadi sebuah script yang dinamis. Hasil pengujian adaptifitas yang dilakukan pada game dengan genre Turn-Based Role Playing Game berdasarkan tiga parameter pengujian yakni efektifitas, efisiensi, dan variasi menunjukkan bahwa NPC dengan menggunakan metode Hierarchial Dynamic Scripting memiliki efektifitas yang tinggi dengan tolak ukur nilai rata-rata fitness sebesar 0.73 dan efisiensi yang tinggi dengan mencapai rata-rata nilai turn point sebesar 6 melawan semua taktik skenario dalam penelitian ini. Selain itu, pengujian nilai break even point menghasilkan nilai terbaik sebesar 0,5 untuk mendapatkan tingkat adaptifitas NPC yang baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Abdillah, I., Jonemaro, E., & Akbar, M. Implementasi Adaptive AI Pada Game Turn-Based RPG Dengan Menggunakan Metode Hierarchial Dynamic Scripting. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 703-714, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/933>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel